3V Communication In The Workplaces (JAKARTA)

3V Communication In The Workplaces (JAKARTA)

Jakarta, 3 November 2015 – 4 November 2015
Including : Souvenir, Flash disk, materi hand-out dan CD modul, 2x coffee break, makan siang dan sertifikat

REALITAS KOMUNIKASI 3V BERDASARKAN RISET

Sebuah riset menunjukkan bahwa komunikasi yang efektif hanya sebagian kecil saja bersumber kepada kata-kata yang kita gunakan (A. Mehrabian). Efektivitas komunikasi didasarkan padatiga faktor berikut ini:

  • 7% didasarkan pada arti dari kata-kata yang kita gunakan (verbal).
  • 38% pada cara kita mengucapkan kata-kata yang kita pilih (vokal).
  • 55% didasarkan pada isyarat visual, seperti ekspresi wajah, bahasa tubuh.

Berdasarkan persamaan di atas, dampak yang ditimbulkan oleh ekspresi visual merupakan yang paling besar. Kemudian disusul oleh ekspresi vokal dan terakhir oleh kata-kata (verbal). Jika ekspresi wajah (visual) tidak konsisten dengan kata-katanya, maka total persepsi responden terhadap pesan yang disampaikan oleh ekspresi wajah akan mendominasi penilaiannya dan menentukan dampak keseluruhan pesan.

Demikian juga halnya dengan sebuah pesan yang direkam atau percakapan telepon. Jika ekspresi vokal bertentangan dengan kata-kata yang diucapkan, maka total persepsi responden terhadap pesan yang disampaikan oleh ekspresi vokal akan mendominasi penilaiannya dan menentukan dampak keseluruhan pesan.

Kata-kata mungkin positif dan ekspresi vokal negatif, maka total pesan adalah negatif. Ekspresi vokal mungkin positif dan kata-kata negatif, maka total pesan adalah positif. Jika ekspresi wajah dan posturnya (visual) sedemikian mendominasi, tidak peduli betapa “rendah hatinya” kata- katanya, total persepsi responden akan tetap didominasi oleh ekspresi visualnya.

Ketika setiap perilaku nonverbal seseorang bertentangan dengan verbalnya, maka total persepsi reponden ditentukan oleh 93% perilaku nonverbalnya (55% Visual + 38 Vokal). Jadi, sentuhan touching), posisi (jarak, mencondongkan badan ke depan atau kontak mata), sikap (posture), gerak tubuh atau bahasa tubuh serta ekspresi wajah dan vokal, semuanya memberi nilai lebih besar daripada kata-kata dan menentukan total persepsi responden.

Di sisi yang lain, riset yang berbeda yang bertolak dari profil lebih dari dua juta orang di seluruh dunia (Wilson) menunjukkan bahwa, dalam hal zona kenyamanan berperilaku, maka manusia pada dasarnya dapat dikelompokkan ke dalam empat kuadran gaya kepribadian (personal style).

Tidak ada dua orang yang berperilaku dengan cara yang sama di dalam segala situasi yang mungkin timbul. Namun demikian, aspek-aspek fundamental dari 4 gaya kepribadian ini berfungsi sebagai:

  • Acuan atau tolok ukur penilaian gaya kepribadian lawan komunikasi kita, sehingga kita dapat menyesuaikan perilaku kita untuk meningkatkan efektivitas komunikasi.
  • Bagaimanapun jauh lebih mudah dan lebih cepat terhubung dengan orang lain yang perilakunya berada di kuadran yang sama dengan kita!

Akhirnya, kedua riset di atas menyiratkan bahwa berbicara atau berkata-kata saja jauh lebih mudah dibandingkan dengan menyampaikan pesan dan makna dengan jelas. Komunikasi kelihatannya jauh lebih sulit dari sekedar hanya kata-kata yang keluar dari bibir seseorang untuk telinga orang lain. Bahkan mungkin, komunikasi merupakan hal yang paling kompleks bagi kehidupan manusia!

Salah satu bagian dari Training ini adalah membahas bagaimana memanfaatkan hasil kedua riset di atas untuk berkomunikasi, memberi pengaruh dan meyakinkan orang lain serta pada saat yang sama membangun hubungan yang kuat!

SILABUS PELATIHAN

Sebagai hasil dari berpartisipasi dalam Pelatihan ini, selain topik bahasan di atas, Anda akan mendapatkan serangkaian bahan pelatihan berikut ini:

  • PENDAHULUAN
  • PERNAK-PERNIK KOMUNIKASI
  • Keterampilan Komunikasi: Keterampilan Abad 21
  • DEFINISI KOMUNIKASI CERDAS
  • DUNIA KERJA
  • Pendekatan Proses Terhadap Dunia Kerja
  • Struktur Informasi Proses Kerja
  • 7 PARADIGMA KOMUNIKASI CERDAS DI DUNIA KERJA
  • FORMULA KOMUNIKASI CERDAS
  • Penciptaan Makna
  • Mendengar & Bertanya
  • Pemetaan Posisi Anda di Dunia Kerja
  • Aneka Ragam Gaya Kepribadian
  • APLIKASI PRAKTIS FORMULA KOMUNIKASI CERDAS DI DUNIA KERJA
  • COMMUNICATION CHECKLIST
  • 10 HUKUM KOMUNIKASI CERDAS

Trainer : Ir. Desmon Ginting, M.Tech.

Desmon Ginting telah berada di Dunia Kerja selama lebih dari 21 tahun.Diera tahun 90-an hingga akhir tahun 2000 berkecimpung di Dunia Perbankan dan Pasar Modal. Sejak awal tahun 2001,terjun diarena Perubahan Perilaku dan Peningkatan Produktivitas dengan fungsi utama sebagai Business Developer, Account Executive dan Liaison Officer.Peranan ini membawanya berinteraksi dan berkomunikasi dengan beragam kalangan dari berbagai organisasi dan industri, mulai dari manajemen puncak hingga manajemen lini pertama! Beliau menyelesaikan pendidikanS1(Ir.)Industrial Engineering diInstitut Teknologi Bandung (ITB)pada tahun1989.Kemudian,atas dasar beasiswa penuh yang diterima, Postgraduate Diploma in Banking padatahun 1994 dan S2 (M.Tech.)Manufacturing and IndustrialTechnologydiMassey University,NewZealand,pada tahun1996.Sejak tahun 2005,beliau aktif sebagaiTrainer& Coach.Beliau juga penulis2 buku best selleryaitu “Supervisor Hebat: Panduan Supervisor Indonesia” (PPM Manajemen), dan “Komunikasi Cerdas: Panduan Komunikasi di DuniaKerja” (Elex Media Komputindo – Gramedia Group)

Investasi : Rp 3.500.000,- termasuk ( Souvenir, Flash disk, materi hand-out dan CD modul, 2x coffee break, makan siang dan sertifikat )

Tempat : Hotel Harris Tebet, Jl. Dr. Sahardjo No. 191 – Jakarta Selatan

Pendaftaran Online | INFO-TRAINING.COM
  1. Judul Training di atas bisa dijadikan sebagai topik INHOUSE TRAINING. Jika Anda membutuhkan bantuan free konsultasi bisa hubungi 085102495051 / 08998121246
  2. (required)
  3. (valid email required)
  4. (required)
  5. (required)
  6. (required)
  7. (required)
  8. Captcha
 

cforms contact form by delicious:days