Cara Melakukan Kaderisasi dengan Memilih Karyawan Terbaik

Cara Melakukan Kaderisasi dengan Memilih Karyawan Terbaik

Salah satu hal yang sulit di dalam sebuah usaha adalah mencari karyawan yang sesuai dengan keinginan atau kriteria Anda yang tentunya berkualitas dan mampu dalam menjalankan tugasnya. Mencari orang yang tepat membutuhkan sebuah konsentrasi yang cukup tinggi dan juga pengalaman yang banyak. Ketika usaha Anda masih baru, tetapi permintaan pasar semakin besar maka Anda pasti membutuhkan beberapa karyawan. Oleh karena itu ada beberapa langkah dan cara melakukan kaderisasi yang dapat Anda gunakan untuk mempermudah di dalam mendapatkan karyawan yang berkualitas sesuai dengan keinginan dan kriteria, antara lain sebagai berikut :

Menentukan kualifikasi
Sebelum mencari karyawan, Anda harus menentukan sebuah kualifikasi terlebih dahulu atau dengan cara melakukan kaderisasi. Karena pada setiap posisi di dalam usaha tentu membutuhkan seseorang dengan kualitas tertentu. Contohnya pada saat Anda mencari marketing, maka harus mencari yang supel dan mudah bergaul. Hal tersebut akan berbeda apabila Anda akan mencari tenaga akuntansi, maka karyawan tersebut harus teliti dan tekun. Tentukan beberapa kualifikasi dasar yang Anda butuhkan dan hal ini akan dapat sedikit membantu di dalam memilih calon karyawan yang di butuhkan.

Membuat iklan lowongan pekerjaan
Pada saat Anda membuat iklan lowongan pekerjaan, maka usahakan untuk menjelaskan dengan lebih rinci tentang perusahaan Anda. Sehingga ketika ada beberapa orang yang melihat lowongan pekerjaan tersebut, mereka akan menimbang apakah perusahaan tersebut sesuai dengan kualifikasi yang mereka cari atau tidak. Dengan begitu, diharapkan akan lebih banyak orang akan mendaftar dengan kualifikasi dan kriteria yang mendekati dengan apa yang Anda butuhkan.

Melakukan tes kualifikasi
Untuk lebih meyakinkan dalam pencarian karyawan, maka Anda dapat membuat semacam tes kualifikasi atau tes masuk sesuai dengan bidang yang di butuhkan.  Itulah salah satu cara melakukan kaderisasi ketika Anda membutuhkan karyawan untuk posisi akuntan, maka dapat memberikan tes terkait dengan beberapa data dan juga ilmu akuntansi. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan dengan memberi tes psikologi untuk melihat kepribadian dari calon karyawan tersebut.

Melakukan wawancara
Tips yang juga tidak kalah penting untuk dilakukan adalah dengan melakukan wawancara yang komunikatif. Selain Anda bertanya berbagai macam hal dengan calon karyawan, berikan juga karyawan tersebut kesempatan untuk bertanya yang terkait dengan perusahaan Anda. Dengan begitu maka karyawan itu akan dapat mengukur apa yang akan dilakukan ketika di perusahaan Anda. Hal yang paling penting adalah pastikan bahwa calon karyawan ini dapat mengerjakan tugas yang diberikan dengan baik dan tepat waktu.

Itulah beberapa cara melakukan kaderisasi dalam memilih karyawan terbaik untuk perusahaan Anda. Seorang karyawan yang berkualitas pasti akan bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas atau pekerjaannya. Oleh karena itu Anda harus lebih teliti dan bijaksana dalam memilih karyawan, sehingga perusahaan dapat lebih berkembang. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda.

Salam Pencerahan!

TOM MC IFLE
* Indonesia’s #1 Success Coach
* Lean Six Sigma Coach
* Certified Matriz Level 1 Facilitator
* CEO Top Coach Indonesia

Jadwal Pelatihan Tom Mc Ifle lainnya :

  1. How to Create Sales Script that Sells (JAKARTA)
  2. Business Mastery – How to Create System That Runs Without You! (JAKARTA)