Meeting Mingguan Yang Lebih Efektif

Anda ingin mencoba melakukan meeting mingguan yang lebih efektif? Beberapa hal berikut bisa Anda lakukan:

  1. Mulai dengan menanyakan kabar dari tiap peserta meeting (ini untuk mengecek “temperatur”/ kesiapan mental)
  2. Bahas dari pencapaian angka tiap-tiap peserta (misalnya: jumlah prospek yg difollow up, jumlah closing, jumlah pengiriman rata-rata, jumlah customer tertagih, dan sebagainya)
  3. Tanya perencanaan minggu ini kepada tiap peserta (apa yang mau dilakukan dan kapan)
  4. Bahas tentang taktik agar minggu ini lebih baik dari minggu yang lalu. Feedback/ perspektif dari Anda sebagai owner akan menambah ide segar di sini.
  5. Akhiri dengan setiap peserta menuliskan/ mengucapkan komitmen tentang apa-apa saja yang mau dilakukan di minggu ini (Ini membantu mengecek pemahaman tim Anda dan juga komitmen di depan orang lain)
  6. Batasi waktu meeting maksimal 90 menit.

Beberapa hal perlu Anda hindari:

  • Jangan lakukan “coaching personal” di saat meeting bersama. Ajak pihak yang ingin Anda nasehati/arahkan bertemu di luar jam meeting agar lebih efektif.
  • Ukur waktu Anda dari hal-hal yang tujuan awalnya menjadi “bumbu” tapi punya peluang memakan waktu terlalu banyak (misalnya: bercanda, marah)
  • Jangan tergoda untuk membahas hal strategis yang belum disiapkan datanya dalam meeting mingguan. Lakukan meeting lain untuk itu.
  • Pastikan setiap orang memberikan pendapat dengan cara Anda mengundang pendapat saat melihat ada tim yang cenderung diam/pasif.

Meeting yang efektif akan memastikan Anda dan tim memiliki peta yang sama kepada tujuan bisnis Anda.

Selamat mencoba!
Your Coach,
Danny Wira Dharma