Remuneration Management : Job Grading & Designing Salary Structure (JAKARTA)

Remuneration Management: Job Grading & Designing Salary Structure (JAKARTA)

Date: 25-26 November 2015
Venue: Hotel Harris Tebet Jakarta
Tersedia program In-House Training. Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.

Workshop Leader
Asfar Arief MBA
Praktisi senior HRD Management yang berpengalaman, malang melintang berkecimpung   lebih dari 35 tahun diberbagai MNC, antara lain dengan McDermott, Sampoerna, BASF, BP Petroleum, Rothmans of Pall Mall, ETERNIT, Edison Mission, Radisson dan Sunrise. Setelah pensiun, Nara Sumber bergabung sebagai Training Associate dengan beberapa Training Institution dan telah memberikan pelatihan HRD lebih dari 30 batch.

Selain memberikan training untuk HR Generalist yang menyangkut semua fungsi2 HRD, juga memberikan training untuk competency tertentu dalam HRD Management,  yang bersifat khusus, antara lain mengenai Interview & Selection Technique, Job Grading & Salary Structure, Remuneration Management, HR Audit dan Industrial Relations for Expatriate Executives (dalam Bahasa Inggeris). Nara Sumber ini juga memberikan Jasa Konsultasi bidang HRD yang berkaitan dengan penerimaan, penggunaan, pengembangan dan pemberdayaan SDM diperusahaan.

Description
Yang sangat dibutuhkan oleh Management dari HRD sebagai strategic partner-nya adalah suatu sistim remunerasi yang effective dan efficient, untuk pengembangan dan pemberdayaan karyawan. Management memerlukan masukan yang tepat dari HRD agar sistim kompensasi kepada para karyawan dapat di-kelola  dengan baik, ada kejelasan dalam tingkat penggajian, lebih open, mudah di-manage, effective, tidak menimbulkan kekecewaan karyawan, menciptakan ketenangan kerja, menghindari kecemburuan, pilih kasih dan diskriminasi. Namun demikian, bidang ini masih kurang ditangani. Hal ini terjadi terutama karena kurangnya pengetahuan para praktisi HRD dibidang ini, disamping kurangnya pengertian pihak Management terhadap betapa pentingnya fungsi administrasi imbal jasa, salah satu fungsi yang crucial diperusahaan.

Sistim yang baik adalah yang workable serta dapat berfungsi secara adil bagi seluruh karyawan, dan sedapat mungkin tingkat penggajian perusahaan competitive dalam industri sejenis. Adanya tingkat penggajian yang baik akan memudahkan mencapai HRD objectives yaitu ”to attract, to motivate and to retain” karyawan. Diperlukan penguasaan bagaimana sistim itu bekerja.

Pada bulan April 2004 Menteri Tenaga Kerja menerbitkan Kepmen No. Kep.49-Men/IV/2004 mengenai Ketentuan Struktur & Skala Upah sebagai pelaksanaan Pasal 92 dari UU 13/2003 tentang Ketenagakerjaan. Kepmen ini memberikan panduan untuk menetapkan kebijakan dalam penyusunan struktur dan skala upah diperusahaan. Karena kurang informasi maka banyak perusahaan yang belum bisa meng-implementasi-kannya. Umumnya sistim struktur dan skala upah ini hanya digunakan oleh para praktisi yang bekerja diperusahaan asing saja, karena sudah merupakan salah satu corporate policy-nya. Dengan Kepmen 49/2004 ini, semua perusahaan lokal sudah semestinya melaksanakannya sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kinerja perusahaan. Dalam membuat Job Grading dan Struktur Upah diperlukan beberapa teknik agar synchronized dengan organization charts, job description, position title dan skala gaji.

Workshop ini akan membantu para peserta yang idealnya terdiri dari para executives yang ikut menentukan kebijakan sistim penjenjangan kepangkatan dan jabatan diperusahaan dan para staff remunerasi yang melaksanakan payroll administration.

Peserta akan dibimbing dalam workshop 2 hari, untuk  mampu mengerjakan sendiri Job Grading, Struktur Penggajian dan beberapa materi yang terkait dengan remunerasi. Dengan sistim yang baik, dimana ada kejelasan mengenai ”level, grade dan step” akan dapat menjawab pertanyaan berapa gaji seorang karyawan secara ”teoritis” berdasarkan masa kerjanya. Penentuan salary offer kepada calon karyawan juga akan lebih tepat tanpa harus menanyakan berapa expected atau present salary-nya. Juga akan diketahui dimana posisi gaji seseorang dalam skala gaji yang berlaku untuk golongannya. Semuanya akan sangat penting artinya dalam melaksanakan administrasi penggajian.

Objective
Membantu peserta agar mengerti mengenai Job Grading, Struktur Penggajian dan beberapa materi yang terkait dengan remunerasi terutama bagi yang mengerjakan payroll administration.

Syllabus

  • Kepmen 49/2004 tentang Struktur & Skala Upah.
  • Membuat Organization Charts, Job Titles  & Job Codes.
  • Melakukan Job Analysis dan membuat Job Description.
  • Melakukan Job Evaluation menggunakan Point Value System untuk menentukan nilai gaji.
  • Membuat Job Grading : Level, Grade, Step dan Range atau Spread.
  • Administrasi Penggajian : Mekanisme penentuan tingkat upah, menghitung gaji, lembur dan pajak penghasilan, sistim incentive dalam penggajian.
  • Remuneration Policy & Procedure.
  • Performance Management dan KPI untuk managerial staff.
  • Menggunakan rumus-rumus EXCEL untuk mengolah data penggajian. Mengharapkan  peserta membawa lap top sendiri untuk praktek langsung.

Target Audience

  • Staff HRD yang mengerjakan Payroll dan administrasi penggajian.
  • Para Supervisor dan Manager yang memerlukan pengertian bagaimana gaji di-design dan bisa memahami bagaimana menentukan tingkat penggajian bagi karyawan.
  • Para Executive yang punya tanggung jawab menentukan mengenai Salary & Compensation Policy.
  • Para Internal Auditor yang memerlukan pengetahuan mengenai Remuneration Policy.

Investment Fee
Rp.4,500,000,
Rp.8,100,000, Registrasi 2 Peserta

Including: Course Material: hard copy, soft copy & flash disc, Free Wi-Fi, Certificate, Lunch & Coffee Break, Souvenir & Door Prize 

 

 

Pendaftaran Online | INFO-TRAINING.COM
  1. Judul Training di atas bisa dijadikan sebagai topik INHOUSE TRAINING. Jika Anda membutuhkan bantuan free konsultasi bisa hubungi 085102495051 / 08998121246
  2. (required)
  3. (valid email required)
  4. (required)
  5. (required)
  6. (required)
  7. (required)
  8. Captcha
 

cforms contact form by delicious:days