Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Corporate Social Responsibility) BANDUNG

Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Corporate Social Responsibility) BANDUNG

Tanggal

  • 27 Oct 2016-28 Oct 2016
  • 02 Nov 2016-03 Nov 2016
  • 07 Dec 2016-08 Dec 2016

Tempat
Hotel Kagum Group Bandung (Golden Flower, Banana Inn, Grand Seriti, Carrcadin, Amaroossa, Grand Serela, Gino Feruci, Verona Palace, Malaka, Zodiac Taurus)

LATAR BELAKANG:
Pembangunan suatu negara bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja, setiap insan manusia berperan untuk mewujudkan kesejahteraan sosial dan peningkatan kualitas hidup masyarakat. Dunia usaha berperan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang sehat dengan mempertimbangan pula faktor lingkungan hidup. Kini dunia usaha tidak lagi hanya memperhatikan catatan keuangan perusahaan semata (single bottom line), melainkan sudah meliputi aspek keuangan, aspek sosial, dan aspek lingkungan biasa disebut triple bottom line. Sinergi dari tiga elemen ini merupakan kunci dari konsep pembangunan berkelanjutan (sustainable development). Seiring dengan pesatnya perkembangan sektor dunia usaha sebagai akibat liberalisasi ekonomi, berbagai kalangan swasta, organisasi masyarakat, dan dunia pendidikan berupaya merumuskan dan mempromosikan tanggung jawab sosial sektor usaha dalam hubungannya dengan masyarakat dan lingkungan.

Namun saat ini – saat perubahan sedang melanda dunia – kalangan usaha juga tengah dihimpit oleh berbagai tekanan, mulai dari kepentingan untuk meningkatkan daya saing, tuntutan untuk menerapkan corporate governance, hingga masalah kepentingan stakeholder yang makin meningkat. Oleh karena itu, dunia usaha perlu mencari pola-pola kemitraan (partnership) dengan seluruh stakeholder agar dapat berperan dalam pembangunan, sekaligus meningkatkan kinerjanya agar tetap dapat bertahan dan bahkan berkembang menjadi perusa haan yang mampu bersaing. Upaya tersebut secara umum dapat disebut sebagai corporate social responsibility atau corporate citizenship dan dimaksudkan untuk mendorong dunia usaha lebih etis dalam menjalankan aktivitasnya agar tidak berpengaruh atau berdampak buruk pada masyarakat dan lingkungan hidupnya, sehingga pada akhirnya dunia usaha akan dapat bertahan secara berkelanjutan untuk memperoleh manfaat ekonomi yang menjadi tujuan dibentuknya dunia usaha.

Konsep tanggung jawab sosial perusahaan telah mulai dikenal sejak awal 1970 an, yang secara umum diartikan sebagai kumpulan kebijakan dan praktek yang berhubungan dengan stakeholder, nilai-nilai, pemenuhan ketentuan hukum, penghargaan masyarakat dan lingkungan; serta komitmen dunia usaha untuk berkontribusi dalam pembangunan secara berkelanjutan. Corporate Social Responsibility (CSR) tidak hanya merupakan kegiatan karikatif perusahaan dan tidak terbatas hanya pada pemenuhan aturan hukum semata. Implementasi konsep sustainable development dalam Program CSR

Masih banyak perusahaan tidak mau menjalankan program-program CSR karena melihat hal tersebut hanya sebagai pengeluaran biaya (cost center). CSR memang tidak memberikan hasil secara keuangan dalam jangka pendek. Namun CSR akan memberikan hasil baik langsung maupun tidak langsung pada keuangan perusahaan di masa mendatang. Dengan demikian apabila perusahaan melakukan program-program CSR diharapkan keberlanjutan perusahaan akan terjamin dengan baik. Oleh karena itu, program-program CSR lebih tepat apabila digolongkan sebagai investasi dan harus menjadi strategi bisnis dari suatu perusahaan. Dengan masuknya program CSR sebagai bagian dari strategi bisnis, maka akan dengan mudah bagi unit-unit usaha yang berada dalam suatu perusahaan untuk mengimplementasi kan rencana kegiatan dari program CSR yang dirancangnya. Dilihat dari sisi pertanggung jawaban keuangan atas setiap investasi yang dikeluarkan dari program CSR menjadi lebih jelas dan tegas, sehingga pada akhirnya keberlanjutan yang diharapkan akan dapat terimplementasi berdasarkan harapan semua stakeholder.

TUJUAN/MANFAAT TRAINING:
Setelah  mengikuti pelatihan ini peserta diharapkan mampu :

  1. Memahami prinsip-prinsip pengelolaan CSR yang baik
  2. Memahami cara-cara yang efektif dan efisien dalam melakukan aktivitas-aktivitas utama pelaksanaan program CSR

SIAPA SEBAIKNYA MENGIKUTI TRAINING INI?:
Para pengelola CSR di Perusahaan dan unit terkait seperti bagian sekretariat, bagian umum, bagian rumah tangga, bagian produksi dan lain lain

METODE PENYAMPAIAN TRAINING:
Para peserta diharapkan dapat terlibat secara aktif pada setiap sesi dari training ini yang akan dibawakan oleh Instruktur dengan rincian muatan sebagai berikut :

  • 20% : Penjelasan teori
  • 80% : Perumusan Program, Studi Kasus,  Diskusi dan Umpan Balik

CAKUPAN MATERI TRAINING:

  1. Pendahuluan :
    • Pengertian Corporate Social  Responsibility (CSR)
    • Alasan perlunya menerapkan CSR
    • Manfaat CSR
    • Hubungan CSR dengan Good Corporate Governance
  2. Pelaksanaan program CSR
    • Prinsip-prinsip dan landasan program  CSRR
    • Tahapan pelaksanaan program; perencanaan, implementasi,  evaluasi, pelaporan
    • Strategi pelaksanaan;
    • Antisipasi dan solusi hambatan pelaksanaan program CSR
  3. Contoh Penerapan CSR di Sebuah BUMN
    • Bentuk-bentuk program CSR
    • Prosedur Pelaksanaan program CSR

JADWAL PER HARI:
HARI 1:

  • Pembukaan dan Perkenalan
  • Pengertian Corporate Social  Responsibility (CSR)
  • Alasan perlunya menerapkan CSR
  • Manfaat CSR
  • Hubungan CSR dengan Good Corporate Governance
  • Prinsip & Landasan Program CSR

HARI 2:

  • Tahapan Pelaksanaan Program CSR
  • Strategi Pelaksanaan Program CSR
  • Antisipasi dan Solusi Hambatan
  • Bentuk bentuk program CSR
  • Prosedur Pelaksanaan Program CSR

INVESTATION PRICE/PERSON :

  1. Rp 3.950.000/peserta (bayar penuh)  atau
  2. Rp 3.750.000/peserta (early bird, yang membayar 1 minggu sebelum training) atau
  3. Rp 3.500.000/peserta (grup, untuk 3 peserta atau lebih dari 1 perusahaan yang sama)

FACILITIES FOR PARTICIPANTS :

  1. Modul Training
  2. Flashdisk Training berisi materi training
  3. Sertifikat
  4. ATK: NoteBook dan Ballpoint
  5. T-Shirt
  6. Ransel
  7. Foto Training
  8. Ruang Training dengan fasilitas Full AC dan multimedia
  9. Makan siang dan 2 kali coffeebreak
  10. Instruktur yang Qualified
  11. Transportasi untuk peserta dari hotel penginapan ke hotel tempat training – PP (jika peserta minimal dari satu perusahaan ada 4 peserta)

INSTRUKTUR TRAINING
Ir. Akhmad Dimyati,MBA. was born December 12th 1954 in Bandung, He was graduated from Industrial engineering Institut Teknologi Bandung, ITB for his bachelor and from magister business administration ITB for his magister program. From 1982 – 2003 he worked at PT.INTI (persero) for some position, such as manager of production control, manager of quality audit, expert staff for development, manager of training and education/diklat, and unit head for small business development assistance. He was also as member of supervisory board for pension fund koperasi yayasan kesejahteraan pegawai at PT.INTI(persero). Since 1982 he has been as lecturer for university in Bandung at industrial engineering for bachelor and magister program.  Ir. Akhmad Dimyati, MBA. has followed many courses to improve his competencies. And now he is becoming trainer for industrial training for topics in his competencies, such as logistics management, project management, production management, Balanced Score Card, supply chain and warehousing management. Mr. Akhmad Dimyati has much real experiences and he also do consultation projects. With his complete knowledge and experiences he will share in his training class to participants.

Pendaftaran Online | INFO-TRAINING.COM
  1. Judul Training di atas bisa dijadikan sebagai topik INHOUSE TRAINING. Jika Anda membutuhkan bantuan free konsultasi bisa hubungi 085102495051 / 08998121246
  2. (required)
  3. (valid email required)
  4. (required)
  5. (required)
  6. (required)
  7. (required)
  8. Captcha
 

cforms contact form by delicious:days