Teknik dan Metodologi : Penulisan Laporan Hasil Audit (JAKARTA)

Teknik dan Metodologi : Penulisan Laporan Hasil Audit (JAKARTA)

Jadwal
25 May 2016
14 Jul 2016

Tempat
Tempat Aryaduta Hotel Semanggi/Swiss-Belhotel

Investasi
Rp.4.925.000    Full Fare
Rp.4.550.000    On The Spot
Rp.4.050.000    Early Bird
Rp.3.850.000    Group

Kiat Penulisan dan Presentasi Laporan Hasil Audit dan Investigasi
Salah satu bentuk komunikasi adalah laporan tertulis. Tiap bagian/departemen perlu melaporkan segala aktivitasnya pada manajemen agar dapat tercipta kecepatan arus informasi untuk memudahkan pengambilan keputusan.

Laporan digunakan sebagai dasar perencanaan, pengaturan tugas, menggerakkan sumber daya, pengendalian, pengawasan dan pengambilan keputusan. Sebagai alat komunikasi dan informasi, isi laporan harus singkat, jelas dan lengkap. Dengan demikian semua pihak yang terlibat dapat memanfaatkan laporan tersebut secara optimal.

Kemampuan dan pengetahuan untuk menyusun suatu laporan yang efektif sangat dibutuhkan.
Menyeleksi informasi untuk kemudian disusun sebagai suatu laporan sangatlah esensial. Laporan yang disusun secara cepat dan tepat, merupakan informasi yang dapat dipakai untuk menyusun kegiatan lanjutan dan pengambilan keputusan bagi manajemen.

Dalam pelatihan ini akan dibahas prinsip-prinsip menulis laporan dan cara penerapannya. Metode pada pelatihan ini antara lain: penyampaian konsep, latihan, tugas kelompok dan diskusi. Teknik penggunaan waktu secara ekonomis, akan dibahas agar dihasilkan laporan yang ringkas, jelas, informatif dan efektif.

Tujuan Pelatihan

  • Menyusun laporan tertulis secara efisien dan efektif
  • Menyusun fakta ke dalam informasi yang logis dan jelas
  • Merangkum inti masalah tanpa menghilangkan maknanya
  • Membantu pembaca memahami pokok masalah, sehingga mampu mengambil keputusan efektif

GARIS BESAR PROGRAM

  1. Pengantar penyusunan laporan efektif
  2. Analisis, pengumpulan dan seleksi data serta informasi
  3. Pedoman mencari akar masalah dan solusi. Berguna untuk bagian rekomendasi
  4. Cara penulisan laporan Audit dari angle yang tepat agar laporan menjadi efektif dan menarik untuk dibaca.
  5. Technique pembuatan resume (excecutive summary) laporan audit sehingga dapat mengungkapkan substansi / maksud / sasaran laporan dengantepat.
  6. Technique presentasi kepada Direksi hasil atas laporan / hasilAudit .
  7. Acuan / best practises penulisan laporan untuk level /
  8. khirarkhi pembaca yang berbeda (Top Manager, CEO, Komisaris)

Peserta
Auditor – Konsultan – Advisor – Coach – Trainer – Manager level, unit yang bertugas mengadakan investigasi dan pencegahan

Facilitator    
Daniel Saputro, MM., MBA.
Daniel Saputro dan tim BusinessBuddy Int memiliki pengalaman 21 tahun dalam perbaikan kinerja perusahaan. Kami aktif memberikan pembekalan maupun konsultasi terutama di bidang transformasi dan manajemen perubahan di 4 area yakni: Business Model (termasuk Balanced Scorecard dan Strategy Map)  – People Development  – Process – Culture Internalization, yang mengarah ke Auto Pilot System.

Nuqul Group (Yordania) dan Banpu (Thailand) adalah contoh perusahaan internasional yang telah menggunakan jasa konsultasinya. Di dalam negeri, Daniel menjadi konsultan bagi banyak perusahaan maupun institusi pemerintah. Di antaranya Jamsostek, Bea Cukai, Sekretariat DPR, Jasa Sarana BUMD Jabara, BioFarma Bandung, Kementerian Keuangan PUSINTEK, Pertamina, LPP BUMN di Jogja dan BTN.

Perusahaan swasta nasional sering menunjuk Daniel sebagai konsultan. Sebut saja Indocement, Triputra, Bosowa (Makasar), Tunas Ridean Group, MusimMas (Medan), Capella (Medan), CPSSoft, ILP, Darya Varia, KPUC (Samarinda), Medifarma, Prafa. Indospring (Surabaya) dan Acer (Jakarta) , Infomedia dan Sentul City. Beliau juga aktif memberikan pelatihan di Chevron, Astra, Commonwealth Bank, TOTAL EP, Holcim dan banyak lainnya

Di sisi lain, Daniel Saputro juga memiliki minat yang besar terhadap dunia pendidikan. Karena itu, kini, dia aktif menjadi fasilitator MiniMBA serta pengajar mata kuliah bisnis dan pemasaran di program S2. Daniel juga menggunakan tulisan sebagai sarana untuk membagikan ilmunya. Ia menjadi kontributor untuk Tabloid KONTAN, Swa, dan Jakarta Post.
Untuk Family Business, kami membantu suksesi dan transformasi menuju  perusahaan yang lebih professional. Dengan cara membentuk Leadership yang profesional dan menggunakan KPI  berbasis balanced Scorecard.